headerrev

Mesuji, Lampung – Dalam rangka mensinergikan dan mempromosikan peran peternak di wilayah Kabupaten Mesuji. Dewan Pengurus Daerah Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (DPD HPDKI) Provinsi Lampung menggelar Rapat Konsolidasi HPDKI Lampung dengan puluhan peternak sekaligus Safari Ramadhan berikut acara buka puasa bersama di Rumah Dinas DPRD Kabupaten Mesuji, Minggu (24/4/2022).

Acara itu dihadiri Ketua HPDKI Provinsi Lampung, Budi Yuhanda, S.H. M.Kn, Sekretaris  DPD HPDKI Lampung Rosy F. Daud, M.I.Kom., dan sebagai Bendahara DPD HPDKI Provinsi Lampung  Suparman, S.P. berikut jajaran. Sedangkan dari pihak tuan rumah dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Mesuji Lampung, Hj. Elviana Khamami, beserta jajaran; para kepala desa hingga puluhan peternak kambing dan domba diseluruh wilayah Mesuji.

Dalam kesempatan itu, Budi Yuhanda berujar HPDKI Lampung ingin membuat berbagai gebrakan dengan berbagai program kerja yang dapat mensejahterakan anggota dalam hal ini khususnya para peternak domba dan kambing, baik yang sudah terakomodir maupun belum terakomodir dalam kepengurusan HPDKI Lampung.

“HPDKI kedepannya ingin mempunyai semacam suatu sentra, sehingga bisa menjadi suatu perkumpulan para peternak dan saling terorganisir serta terdata secara komputerisasi. Sehingga pemerintah tidak bingung lagi untuk data-data kelompok peternak karna HPDKI Lampung sudah bisa memberikan data tersebut, sehingga kedepan kerja pemerintah pun bisa terbantu dengan adanya HPDKI ini.” ucapnya.

Selanjutnya, Budi yang juga Ketua Komisi II DPRD Provinsi Lampung itu turut menginformasikan bahwa HPDKI Lampung sudah berhasil mengupayakan bentuk pemberdayaan ternak dan peternak Lampung, berupa pemberian kredit pembinaan dengan mitra Bank BJB dengan bunga yang sangat terjangkau.

“kita ingin hpdki punya modelling ingin mengembangkan suatu sentra atau cluster, nanti dikecamatan mana kabupaten mana ingin membentuk cluster semacam korporasi ataupun koperasi gabungan dari beberapa kelompok nanti kita akan hadirkan bank bjb disana, nanti bapak-bapak siapkan saja kandangnya yang terjangkau dan awet dengan kapasitas 200-300 ekor nanti yang akan membiayai bibit nya bank bjb dan mereka akan melakukan survey tentunya dan kita HPDKI yang menjaminkan itu, Upaya ini mengakomodir peternak hingga tingkat (propinsi), dengan bantuan berkualitas.” imbuhnya.

Selain itu, Budi menerangkan pihaknya berkomitmen akan membentuk konfrensi kebersamaan yang jadi cikal bakal perternakan terpadu. “Dalam konfrensi itu, kami (DPP HPDKI Lampung) juga ingin memperkenalkan dan mengajarkan penyilangan domba garut dengan domba dorper, yang berkualitas unggul, sehingga hasil anakan silangnya dapat dijual dengan harga tinggi.” ucapnya.

Tak berhenti disitu, HPDKI Lampung juga menyoroti pakan ternak juga menjadi perhatian dengan mengupayakan mensubsidi pakan ternak yang berkualitas. Selain itu akan ada pelatihan bagi peternak pemula atau peternak yang berpengalaman dengan konsep modeling modern dan professional seperti dikembangkan HPDKI Pusat di Garut, Jawa Barat. “Untuk pakan ternak diusahakan dari komuditas pertanian dari lahan sekitar yang dapat dibudidayakan dan dioptimalkan, yang juga ditanam oleh peternaknya langsung.” paparnya.

Sedangkan, Bendahara HPDKI Provinsi Lampung Suparman menerangkan pihaknya berinisiatif akan membuatkan kelompok peternak produktif dan professional, yang akan diawasi secara langsung. Hal itu akan berkaitan dengan keterlibatan peternak dengan organisasi.

“Peternak harus siap sedia menjadi pengurus HPDKI yang (SK-nya) langsung ditandatangangi ketua. Mereka (ketua berikut anggota) harus sigap, jangan sampai tidak ada kepentingan peternak yang tidak diakomdoir dalam progja kepengurusan (HPDKI Mesuj). Semua kelompok ada 50 kelompok yang terdaftar. Agar terakomodir semua perlu ada bantuan kelompok yang terkirim bila menjadi anggota resmi.” ucapnya.

Kemudian, Elviana Khamami sangat mengapresisasi diadakannya Safari Ramadhan HPDKI Lampung yang sangat berguna. Selain itu, dia berpesan agar peternak yang tergabung dalam HPDKI Mesuji tidak hanya akan mendapat bantuan tapi dapat mengakomodir dalam setiap kegiatan HPDKI Provinsi. Dia juga berharap HPDKI Lampung siap membantu peternak diwilayahnya dengan memberikan bantuan kredit modal usaha hingga ke setiap desa.

“Peternak harus memiliki wadah dalam pengelolaan yang baik, dan tidak dilakukan dengan sendiri-sendiri, minimal dengan pengelolaan 200 kambing domba. Harus ada keinginan serius untuk pengelolaannya. HPDKI Mesuji harus terbentuk dan (mengupayakan) peternaknya makmur, jadi ekonomi maju semuanya bisa lanjut mengikuti. Organisasi ini (HPDKI) dapat menjadi wadah dan modal yang menunjang kesuksesan peternak, dan harus memberikan contoh bagi masyarakat lain. Ya, seperti masalah pakan yang tidak hanya dari rumput, perlu pelatihan ada perhatian studi ke Garut dengan pengembangan peternak. Tentunya, perlu ada kinerja dari pengelolaan yang baik,” pesannya.

NAN

Twitter

Video

Selamat Ramadhan

© 2018 budiyuhanda.com. All Rights Reserved.