headerrev

Ketua Komisi 2 DPRD Provinsi Lampung Budi Yuhanda mengajak Anggota Komisi V DPR RI H Tamanuri, MM dan juga kepala Balai Besar Sungai Mesuji Sekampung Alexander dan jajaran ke Daerah Abrasi di Kecamatan Rawajitu Utara, Senin 15/112021.

Kunjungan kerja ini diharapkan dapat membawa solusi dari permasalahan Abrasi yang sudah puluhan tahun dirasakan olrh masyarakat Rawajitu utara khususnya 3 desa yang terdampak yakni desa sidang muara jaya, sidang sidorahayu, dan sidang iso mukti.

Diketahui persoalan abrasi sungai dijalur sungai primer yang menghubungkan sungai mesuji dan sungai Tulang Bawang telah menggerus badan jalan lebih dari 15 meter, bahkan lebar sungai saat ini mencapai lebih dari 50meter. Ini diakibatkan dari lalu lintas kapal speed yang melintasi subgai ini untuk membawa hasil produksi ikan, udang dan lainnya ke Pasae Rawajitu Kabuoaten Tulang Bawang, tak kurang dari 150kapal ya g melintas setiap hari atau rata2 membawa lebih dari 200 ton produk perhari.

Kondisi ini dikhawatirkan akan semakin memperburuk kondisi jalan bahkan dibeberapa titik jalan terputus sehingga tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.
Akibat dari abrasi ini pun, banjir rob yang diakibatkan air sungai pasang naik kepermukaan dan melewati tanggul tanggul pembatas yang sudah jebol terkikis abrasi.

Menanggapi hal ini Angggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem yang turun langsung akan berupaya semaksimal mungkin sesuai dengan tupoksi yang kami miliki agar permasalahan ini bisa teratasi dengan cara penanggulangan bertahap dan kerja sama dari semua pihak. Kita akan berjuang dari sisi anggaran agara ini menjadi skala prioritas.
Tamanuri pun menyakini bahwa kementrian pupr melalui balai besar mempunyai cara cara baru yang kita yakini bisa memberikan terobosan untuk mencegah semakin parahnya abrasi ini.

Sementara itu kepala Balai besar Sungai Mesuji Sekampung Alexander juga memberikan apresiasi kepada para pemangku pembangunan dikecamatan rawajitu utara yang tetap kompak, karena rawajitu mempunyai potensi wikayah pertanian yang sangat luar biasa, maka menangani abrasi meskipun bukan skala prioritas kami, tapi permasalahan ini jika ditanggulangi akan berdampak besar terhadap kemajuan dan pertumbuhan ekonomi khususnya dikecamatan rawajitu uatara ini yang notabene nya adalah mayoritas petani. doakan kami agar kami bisa memberikan yang terbaik.

Penanganan abrasi ini harus diikuti dengan diberlakukan nya tempat pelalngan ikan TPI yang audah ada bangunannnya di desa Sidang Muara Jaya, sehingga kapal angkut hanya singgah sampai dermaga TPI.

Selain itu, guna meningkatkan perkonomian pemerintah segera merencanakan pembangunan dermaga pelabuhan yang direncanakan menghubungkan pulau bangma dan provinsi lampung sebagai jalur transportasi orang maupun barang, dan dermaga dermaga lainnya.

NAN

Twitter

Video

Selamat Ramadhan

© 2018 budiyuhanda.com. All Rights Reserved.