headerrev

Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat, atau dikenal dengan sebutan PAMSIMAS, merupakan platform pembangunan air minum dan sanitasi perdesaan yang dilaksanakan dengan pendekatan berbasis masyarakat.

Tujuan dari PAMSIMAS adalah Meningkatkan jumlah warga masyarakat kurang terlayani termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaan dan peri-urban yang dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan, meningkatkan penerapan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat dalam rangka pencapaian target MDGs (sektor air minum dan sanitasi) dan Universal Akses 2030 melalui pengarusutamaan dan perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat.

Kabupaten Mesuji salah satu kabupaten yang mendapatkan program PAMSIMAS, karena mesuji merupakan daerah rawa yang sangat sulit untuk memperoleh air bersih terlebih dikala musim kemarau. namun PAMSIMAS yang sudah dibangun di kabupaten Mesuji menggunakan uang rakyat tersebut, justru sebagian besar belum berfungsi.

PAMSIMAS dibangun oleh anggaran APBN senilai Milyaran rupiah bahkan pemerintah daerah memberi anggaran pendamping tak kurang dari 2 milyar rupiah dan pada tahun 2020 sekitar Rp. 900.000.000.

Dalam pasal 6 UU No.20 Tahun 2017 yang berbunyi Negara menjamin hak rakyat atas Air guna memenuhi kebutuhan pokok minimal sehari-hari bagi kehidupan yang sehat dan bersih dengan jumlah yang cukup, kualitas yang baik, aman, terjaga keberlangsungannya, dan terjangkau.

Selengkapnya dapat disaksikan pada tayangan berikut ini https://youtu.be/f3ZWARd_xWA

 

NAN

Twitter

Video

Selamat Ramadhan

© 2018 budiyuhanda.com. All Rights Reserved.