headerrev

Oleh – oleh khas Lampung sangat sekali tak asing di telinga kita jika kita mendengarnya, pasti pikiran kalian tertuju pada  produk olahan pisang. Memang sangat terkenal sekali dan beraneka ragam antara lain seperti Kripik Pisang, Pie Pisang, Kopi Durian, Kopi Lampung dan berbagai macam manisan, namun ada salah satu kabupaten penghasil produk oleh – oleh berkualitas khas lampung yaitu di kabupaten Mesuji. 

Produk khas mesuji seperti kerupuk, kemplang, terasi dan lainnya yang memiliki citarasa tinggi dan berkualitas wajib anda coba jika mampir ke Lampung. Kami telah merangkum oleh-oleh khas Lampung yang berasal dari kabupaten mesuji yang patut kamu bawa pulang. Mari simak ulasannya!

  1. Kemplang Mesuji 

oleh-oleh khas Mesuji yang satu ini juga berbahan dasar ikan gabus .Penduduk setempat menyebut jajanan renyah ini dengan nama kemplang.Uniknya, proses pembuatan kemplang tidak digoreng dengan minyak, melainkan menggunakan pasir. Untuk menikmati satu kemasan plastik kemplang berukuran besar, kamu harus merogoh kocek sebesar Rp25.000 saja. Makanan lezat yang cukup terjangkau, bukan?

2. Kerupuk Mesuji

Selain kemplang, Kerupuk Mesuji ini juga berbahan dasar Ikan. Penduduk setempat memanfaatkan ikan yang berasal dari sungai wiralaga . Rasanya pun tak kalah enak dari kerupuk ikan lainnya, bahkan rasa ikannya sangat terasa gurih dan renyah. Anda dapat merogoh kocek sebesar Rp. 25.000 saja sudah dapat menikmati kerupuk lezat ini.

3. Terasi Mesuji

Terasi adalah salah satu bahan masakan yang wajib ada di dapur selain dijadikan olahan sambal, terasi juga dapat dibuat olahan untuk campuran seperti pindang dan sayur asam. Ada 2 varian terasi Khas mesuji ini ada yang berbahan dasar ikan dan udang. Harganya tentu sangat terjangkau berkisar antara Rp.13.000 – Rp. 60.000. Sudah anda mencobanya ?

3. Ikan Asap

Ikan asap atau ikan salai adalah makanan Khas dari komoditi air tawar sungai Mesuji Lampung, diolah alami oleh penduduk lokal.
Ikan diolah dengan dipanggang dan diasap dengan arang kayubakar, sehingga menjadi awet dan gurih. Makanan ini tentu saja bebas dari bahan pengawet karena dengan cara pengasapan hingga kadar air berkurang, makanan ini dapat bertahan lama. Ikan asap mempunyai rasa yg gurih. Pengolahannya dapat di masak Gulai maupun campuran sayur daun ubi atau daun singkong. Harga 1kg ikan asap ini berkisar Rp.50.000 – Rp.120.000. Tertarik mencobanya ? 

4. Sari Jahe

Minuman herbal alami yang dibuat berdasarkan resep tradisional dibuat melalui industri rumahan di kabupaten Mesuji salah satunya sari jahe. minuman ini sangat berkhasiat tentunya. manfaat sari jahe antara lain meredakan nyeri dan sakit, meredakan mual, menghangatkan badan dan Melawan peradangan rematik dan osteoarthritis. Selain sari jahe yang diproduksi di kabupaten Mesuji juga terdapat produk seperti sari beras kencur dan kunyit .

***

berbagai macam produk tersebut sangat diminati namun hingga saat ini sulit dicari ditempat perbelanjaan, bagaimana pemasaran produk produk umkm mesuji? atau anda ingin mencoba membeli salah satu produk mesuji, simak selengkapnya divideo ini https://youtu.be/90UfAOusmWA .

 

 

NAN

Twitter

Video

Selamat Ramadhan

© 2018 budiyuhanda.com. All Rights Reserved.